Senin, 18 April 2011

3.1 Memindai makna tertentu dalam kamus secara tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

Sebelumnya, kamu harus memiliki keterampilan membaca memindai. Misalnya, ketika kamu membaca kamus. Dalam membaca memindai kamus, kamu tidak perlu mengurutkan halaman demi halaman untuk mencari arti suatu kata yang dimaksud. Isi kamus sudah diurutkan secara alfabetis. Misalnya, dalam mencari kata baca, kamu cukup menemukan halaman yang diawali huruf / b / dan temukan deretan huruf / ba /. Kamu akan menemukan seperti berikut.


ba.ca v, mem.ba.ca v 1 melihat serta memahami isi dr apa
yang tertulis (dgn melisankan atau hanya dl hati): dia jangan
diganggu, krn sedang ~ buku; 2 mengeja atau melafalkan apa
yang tertulis; 3 mengucapkan: ~ doa, ~ mantra; 4 mengetahui;
meramalkan: ia dapat ~ suratan tangan (garis-garis pd telapak
tangan); 5 memperhitungkan; memahami: seorang pemain
yang pandai ~ permainan lawan; ~
bahasa (jenis mata pelajaran) membaca sambil mempelajari
makna kata dr bahan bacaan; ~ batin membaca dl hati; ~
bibir Psi mencoba mengerti pembicaraan lewat gerak bibir
(terutama bagi tunarungu); ~ cepat (jenis) membaca dl hati
dgn tujuan memperoleh informasi yang sebanyak-banyaknya
dan dl waktu yang sesingkat-singkatnya; ~ dl hati membaca
tanpa bersuara (tidak diucapkan);~ teknis (sbg mata pelajaran)
membaca nyaring dng memperhatikan nada,dinamika, dan tempo;


Matahari Pancarkan Lidah Api Raksasa
Matahari telah melalui puncak aktivitas siklus 11 tahunannya. Akan tetapi, ledakan besar yang menghasilkan lidah api di permukaannya bisa terjadi kapan saja termasuk yang terjadi Selasa, 5 Desember 2006.
Lidah api dipancarkan dari bintik hitam raksasa di permukaan Matahari yang diberi nomor 929. Bintik hitam ini terletak dibagian paling kiri permukaan Matahari yang berhadapan dengan Bumi.
Pancaran yang sangat besar terlihat pada pukul 10.35 GMT atau pukul 17.35 WIB. Akan tetapi, bintik hitam ini akan berotasi ke tengah dalam beberapa hari ini dan mungkin menghasilkan pancaran yang lebih besar. Hal ini bisa mengganggu medan elektromagnetik Bumi mengingat lidah api bisa menimbulkan badai elektromagnetik atau badai Matahari. Lidah api ini diklasifikasikan sebagai tipe X-9. Kelas X merupakan tipe pancaran dengan magnitudo besar yang dapat merusak satelit dan mengganggu sistem telekomunikasi di Bumi.
NASA telah meminta para astronot yang ber ada di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) untuk melakukan perlindungan ekstraketat terhadap peralatan penting. Kegiatan spacewalk yang dilakukan langsung di luar angkasa juga dihindari selama terjadinya badai Matahari. Padahal, NASA akan meluncurkan wahana ulang aliknya Discovery ke ISS Jumat, 8 Desember 2006. Para ilmuwan menyatakan radiasi yang ditimbulkan nya merupakan salah satu ancaman misi peluncuran ke luar angkasa di masa depan, termasuk upaya pembangunan di Bulan yang telah diluncurkan NASA.
Sumber: www.kompas.com, 7 Desember 2006 dengan penyesuaian
1. Carilah makna kata dari kata-kata sulit tersebut di dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia (KBBI).
2. Kata-kata sulit yang telah kamu temukan artinya ditulis dalam tabel berikut.

1 komentar:

jazzikh's blog mengatakan...

makasiiiiiiiiiiiih,,,tp krg lgkp,,,hiiikz