Jumat, 01 Oktober 2010

4. Menuliskan buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar

Apa yang dimaksud buku harian ?
Buku harian merupakan catatan pentng atas peristiwa yang kamu alami

A. Bentuk-bentuk buku harian
1. Agenda
Selasa, 22 Agustus 2010
Pukul 04.30 : Sholat subuh berjama’ah dimasjid.
Pukul 05.00 : Menyapu lantai.
Pukul 05.30 : Mandi.
Pukul 06.30 : Sarapan denan ayah dan ibu. Di ujung meja makan ada ayam
goreng yang aku suka.
Pukul 06.45 : Senangnya aku pamitan ! aku berangkat sekolah dengan
riang. Dan kukayuh sepeda kesayanganku menuju ke sekolah
terima kasih Allah !
2. Uraian
Senin, 16 Juli 2010

Hari ini hari pertama aku masuk sekolah. Sekarang aku telah menjadi siswa SMP. Pada minggu pertama aku mengikuti kegiatan sekolah yang berupa Masa Orientasi Sekolah (MOS).
Di ruang orientasi aku duduk bersama teman baru. Ingin rasanya hatiku berkenalan dengannya, saya lihat dia amat baik sehingga aku memberanikan untuk mengenalnya terlebih dahulu
(Puan d artha )
3. Puisi
Jantung ku terasa berdebar
Ketika itu matahari sudah menampakkan sinarnya
Kukayuh sepedaku dengan cepat
Tak sabar kulihat pintu gerbang sekolah
Kusandarkan sepedaku
Dan berlari aku sekencangnya
Kuhampiri pintu kelas
Oh……………..betapa bahagianya aku

B. Model-model buku harian
1. Berdasarkan hasil perenungan atau perasaan
“ tampaknya sedari dulu aku telah mengalami suatu kesalahan yang sangat fatal. Sehingga menyebabkan dirimu sobat terkena marah oleh bapak guru. Maafkanlah aku sobat temanmu yang telah menyakitimu’
2. Berdasarkan hasil pemikiran
Harusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi segala apa yang menjadi keluhan masyarakat. Supaya masyarakat lebih terjamin hidupnya.
3. Berdasarkan hasil pengalaman
Oh senangnya kemarin aku out bound di malang. Bisa meluncur dari tali merangkak ditanah dan masih banyak yang lainnya.

Pilihlah atau jawablah pertanyaan di bawah ini !
1. Ungkapan yang lazim digunakan dalam buku harian adalah….
a. Dalam kecelakaan itu, ada sepuluh korban yang tewas
b. Para peserta diharap dating tepat waktu
c. Hari ini nilai ulanganku jelek. Aku malu
d. demikian yang dapat kami sampaikan

2. Wajahku langsung terasa panas. Wah ….aku pasti salah dan disangka kege-eran. Karena terlanjur malu, aku bertaya lagi, “kalau begitu, mengapa kamu berlari ke arahku ?”
Ungakapan diatas merupakan model buku harian yang berdasarkan pada
a. Pengalaman b. perenungan c. pemikiran d. perkiraan
3. Karangan yang berisi pengalaman pribadi adalah….
a. Museum itu terletak di pinggir jalan layang sidoarjo, dan diberi nama museum Empu Tantular. Sebelumnya museum ini berada di Kota Surabaya, di karenakan letaknya kurang strategis maka dipindahkan di daerah Sidoarjo yang masih mempunyai wilayah yang luas.
b. Meraih prestasi sebenarnya dapat dilakukan siapa saja asalkan mau berusaha dan giat untuk belajar. Sudah barang tentu hal ini memerlukan usaha yang cukup keras.
c. waktu itu, aku masih duduk di bangku SD kelas 5. peristiwa itu kurasa sangat memalukan,karena terpingkal-pingkal melihat polah Adi yang lucu, aku jadi ngompol di celana.
d. Sidoarjo di waktu malam terlihat gelap sebagiannya, dikarenakan adanya pemadaman bergilir dari PLN. Hal ini dilakukan untuk menjaga pasokan listrik yang kurang dari daerah
Bali.

Tidak ada komentar: