Jumat, 01 Oktober 2010

2. Menceritakan pengalaman paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif

“ Pengalaman adalah guru yang terbaik “

Bagaimanakah langkah yang kamu lakukan agar para pendengarmu bisa tertarik akan ceritamu ….....????
coba ikutilah langkah berikut ini :
1. Pilihlah pengalaman yang menarik
2. Catatlah pokok-pokok pengalaman yang akan kamu ceritakan ! Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak lupa pada saat menceritakan pengalaman
3. Sampaikan cerita dengan menarik dan dengan ekspresi yang tepat
4. Gunakanlah kalimat efektif dan mudah di pahami pada saat kamu bercerita

KALIMAT EFEKTIF DAN TIDAK EFEKTIF
Kalimat tidak efektif
a. Para siswa-siswi sekalian
b. Perkenankan saya menceritakan pengalaman saya yang menarik ini. Hal ini agar supaya kita belajar dari amanat yang ada di dalamnya.

Kalimat Efektif
a. Para siswa sekalian
b. Perkenankan saya menceritakan pengalaman yang menarik ini agar kita belajar dari amanat didalamnya.

Pilihlah atau jawablah pertanyaan di bawah ini !
Bacalah cerita pengalaman berikut !
(1) Suatu sore aku pulang dari masjid. (2) Aku tidak langsung pulang kerumah, tetapi melainkan mampir dahulu dirumah teman. (3) Karena asyik bermain, tanpa terasa hari sudah mulai gelap. (4) dengan sedikit rasa was-was aku berjalan pulang melewati pematang sawah yang sangat gelap. (5) tak kulihat seorang pun sewaktu aku berjalan. (4) rasa itu semakin mencekam ketika aku melewati depan rumah yang tidak berpenghuni.
1. Ekspresi yang mendukung jika kita menceritakan pengalaman tersebut adalah ….
a. gembira b. terharu c. ketakutan d. kecewa
2. Kalimat tidak efektif dalam cerita pengalaman diatas adalah....
a. Kalimat (1) b. Kalimat (2) c. Kalimat (3) d. Kalimat (4)
3. Buatlah sebuah kalimat dengan menggunakan kata marah !
…............................................................................................................................................................
4. Ah biarlah kalau seseorang itu menyakitiku, saya yakin bahwa anak itu akan menerima balasannya …..
Ekspresi yang mendukung jika kita menceritakan pengalaman tersebut adalah ….
a. gembira b. terharu c. ketakutan d. kecewa
5. Tinggi rendahnya ketika kita sedang bercerita dinamakan…
a. mimik b. level c. ekspresi d. intonasi

Tidak ada komentar: